Kamis, 06 November 2014

Journal pelecehan seksual



      Pelecehan Seksual terhadap anak-anak
Pengertian Pelecehan Seksual menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
     Perbuatan penghinaan atau memandang rendah seseorang karena berlatar atau dengan alasan yang berkaitan dengan seks, jenis kelamin, atau aktivitas seksual antara laki-laki dan perempuan.
Pengertian Pelecehan Seksual menurut Undang- Undang
    SDO adalah sebuah undang-undang anti-diskriminasi yang disahkan pada tahun 1995. Menurut undang-undang ini, diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, status perkawinan dan kehamilan, serta pelecehan seksual adalah melanggar hukum. Perlindungan dalam undang-undang ini diberikan terdapat dalam bidang-bidang yang berlainan. Undang-undang ini berlaku bagi pria dan wanita. SDO juga menetapkan pembentukan Komisi Persamaan Kesempatan yang bekerja untuk menghapus diskriminasi dan pelecehan serta mempromosikan persamaan kesempatan antara pria dan wanita.
Pengertian Remaja Menurut Para Ahli
Menurut  Gunarsa, S., D.  yang mengutip dari Freud, A. (  “Adolesensia merupakan suatu masa yang meliputi suatu proses perkembangan dimana terjadi perubahan dalam hal motivasi seksual, organisasi  dari pada ego, dalam hubungan dengan orang tua, orang lain, dan cita-cita yang dikejarnya.” (Freud dikutip dalam Gunarsa
Jenis – Jenis Pelecehan seksual
Pemerkosaan
Penghinaan
Merendahkan harga diri

Penyebab Pelecehan Seksual terhadap Remaja
Kurangnya perhatian orang tua terhadap Remaja  
Pada masa kini, banyak orang tua yang di sibukkan dengan pekerjaannya. Karena tuntutan rutinitas sehari-hari, maka banyak orang tua yang kurang memperhatikan anaknya. Dan lebih banyak orang tua yang lebih memilih anaknya di asuh oleh seorang  pekerja rumah tangga, dibanding dengan mengasuh nya sendiri. Karena lebih memilih pekerjaan nya di banding mengasuh anaknya. Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak bisa memicu anak terhadap hal yang negatif. Anak adalah anugerah dari sang pencipta, orang tua yang melahirkan anak harus bertangung jawab terutama dalam soal mendidiknya, baik ayah sebagai kepala keluarga maupun ibu sebagai pengurus rumah tangga.
Kurangnya pendidikan tentang seksual di kalangan masyarakat
Dewasa ini, banyak sekali yang perlu diberikan pendidikan. Tidak hanya pendidikan moral tetapi juga pendidikan seksual. Banyaknya kasus yang terjadi akhir-akhir ini, termasuk pendidikan yang  sangat terbatas di indonesia ini. Harusnya di indonesia memperbanyak pendidikan tidak hanya pendidikan seksual tetapi semua pendidikan yang layak di terima oleh anak-anak maupun remaja.
Kurangnya penyuluhan-penyuluhan tentang seksualitas di kalangan masyarakat
karena banyaknya keterbatasan setiap wilayah diindonesia ini, maka kurangnya penyuluhan-penyuluhan tersebut tidak dapat maksimal diterima oleh sebagian masyarakat besar. Harusnya penyuluhuan tersebut di perbanyak, agar dapat menambah wawasan masyarakat bahwa pentingnya pengarahan tentang seksual. Dan semakin gencarnya kejahatan pelecehan tentang seksual ini dapat berdampak buruk pada anak-anak usia remaja.

Dampak Pelecehan Seksual terhadap Remaja
Internal
Psikologis Anak terganggu untuk  yang mengalami kekerasan seksual. dampak jangka pendek akan mengalami mengalami mimpi-mimpi buruk, ketakutan yang berlebihan pada orang lain, dan konsentrasi menurun yang akhirnya akan berdampak pada kesehatan. Untuk jangka panjangnya, ketika dewasa nanti dia akan mengalami fobia pada hubungan seks. Bahkan bisa terjadi dampak yang lebih parah,  dia akan terbiasa dengan kekerasan sebelum melakukan hubungan seksual. Bisa juga setelah menjadi dewasa, anak tesebut akan mengikuti apa yang dilakukan kepadanya semasa kecilnya.
Eksternal
Anak cenderung lebih tertutup pada lingkungan sekitar, karena kemungkinan besar akan mengalami fobia untuk orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya. Karena berawal dari sebuah kekerasan atau pelecehan maka cenderung lebih tertutup.
Cara mengatasi Pelecehan Seksual
     Tumbuhkan keberanian pada anak. Ajarkan kepada anak anda jika dia diperlakukan tidak baik sama seseorang, dia harus berani menolak. Dia harus berani melaporkan ancaman tindakan kekerasan kepada orang yang dapat melindunginya, seperti orang tua, petugas keamanan, guru di sekolah, dll.  Ajarkan anak-anak jangan takut jika diancam seseorang atau diiming-imingi imbalan tertentu.
Memberikan pakaian yang tidak terlalu terbuka. Untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan terjadi pada anak kita. Tidak ada salahnya anda memberikan pakaian yang sopan dan tertutup. Karena bisa jadi pakaian yang terbuka akan semakin menarik perhatian para pelaku kejahatan seksual pada anak.
Memperkenalkan fungsi organ intim. Hal yang tidak kalah penting adalah, memberikan pengertian mengenai organ intim. Berikan pengertian bahwa organ intim adalah privasi yang tidak boleh orang lain mengetahuinya. Ajarkan pula mengenai hak privasi yang harus dimiliki oleh anak-anak.
Mengajarkan nilai-nilai agama. Nilai-nilai keagamaan perlu ditanamkan untuk menumbuhkan semangat tanggung jawab pada pribadi anak. Banyak hal positif yang dapat diambil dari mengajarkan nilai-nilai keagamaan. Seperti keadilan, kejujuran, kedisiplinan, respect terhadap kebaikan dan berani menolak kejelekan.
Jalin komunikasi dengan anak. Jalin hubungan komunikasi senyaman mungkin dengan anak. Orang tua adalah tempat pengaduan segala keluh kesah anak. Minta anak supaya terbuka mengenai segala aktivitas yang telah dikerjakan. Jadilah orang tua yang siap menjadi tempat curahan hati bagi anak.

2 komentar:

  1. terima kasih banyak senang bisa mampir di blog anda. info seputar obat perangsang wanita

    BalasHapus
  2. senang bisa berkunjung ke blog anda, terima kasih banyak, info seputar selaput dara buatan

    BalasHapus